Tuesday, March 20, 2012

Apakah Serangga Tomcat Itu

Serangga tomcat lebih dikenal dengan sebutan Semut Semai, Semut Kayap, Charlie, atau orang biasa menyebutnya Franky.  Nama asli serangga ini Kumbang Rove (Insecta: Coleoptera: staphylinidae).  Habitatnya di persawahan, kebun, taman, rerumputan dan semak belukar.
Kumbang ini memiliki sejenis cairan disebut hemolimf yang terdapat diseluruh tubuh kecuali sayap; cairan tersebut mengandung racun kontak langsung yang paling berbisa didunia.  Racun ini lebih dikenal dengan “pederin” (C24 H43 09 N) pada tahun 1953.  Racun tersebut memiliki 12 kali lipat lebih berbahaya dari bisa ular cobra. Kumbang rove yang telah dikeringkan dan disimpan selama 8 tahun juga masih memiliki efek racun.  Jika terkena kumbang ini dapat menyebabkan dompo/herpes.
Tips menghindari serangga tomcat datang kepemukiman:
1.    Kurangi penggunaan cahaya lampu pada petang hari, karena serangga tomcat datang pada sore hari menjelang malam dan tertarik pada cahaya.
2.    Jaga kebersihan dengan rutin membersihkan taman dan semak-semak disekitar rumah.
3.    Gunakan jasa pest control, dan kami siap membantu anda menghidari dan menekan populasi serangga tomcat.
Apabila anda mengetahui telah terkena serangga tersebut yang harus anda lakukan:
1.    Apabila terasa gatal Jangan digaruk.
2.    Cuci bagian yang terkena serangga tomcat dengan sabun atau anti septic
3.    Jangan menggunakan minyak tawon, minyak kayu putih ataupun odol akan tetapi gunakan salep hydrocortisone 1% atau Salep betametasone+antibiotik neomycin sulfat-3xsehari atau Salep Acyclovir 5% (Jika tidak tau tanyakan diapoteker atau dokter spesialis kulit).
4.    Untuk meningkatkan daya tahan tubuh perbanyak minum air putih dan vitamin (Cairan yang dikeluarkan tomcat lebih cepat bereaksi apabila daya tahan tubuh berkurang)
5.    Untuk orang yang belum terinfeksi hindari kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi (dapat tertular melalui keringat dan luka)

No comments:

Post a Comment