Saturday, June 23, 2012

La Furia Roja Diminta Lebih 'Membunuh'



Donetsk - Timnas Spanyol tak lepas dari kritik berkat permainan "membosankan" di fase grup. Andres Iniesta menilai kritik itu cuma bisa dijawab dengan menang sekaligus mencetak banyak gol saat melawan Prancis.

"Membosankan" yang dimaksud adalah La Furia Roja memang menguasai jalannya pertandingan dengan ball possesion selalu unggul dari lawannya. Mereka selalu mengurung lawannya dan tak membiarkan bola direbut.

Tapi kekurangan paling terlihat adalah para pemain Spanyol kurang efektif dalam menyelesaikan peluang di depan gawang. Mereka terlihat lebih asyik mengoper bola ke sana kemari dan seperti lupa bahwa mereka harus mencetak gol.

Fenomena itu terlihat saat melawan Italia dan Kroasia di mana Spanyol memang kesulitan karena lawan bermain pasif dan lebih banyak menunggu bola untuk melakukan counter attack.

Melawan Prancis di perempatfinal Piala Eropa di Donbass Arena, Minggu (24/6/2012) dinihari WIB nanti, Spanyol tak boleh lagi mengulangi hal yang sama. Karena jika masih tampil "pas-pasan", Les Bleus siap memberi hukuman karena mereka punya kualitas untuk itu.

"Akan jadi laga yang sangat ketat di mana mereka juga ingin menguasai bola. Mereka pun suka memainkan bola dan punya tim berkualitas, khususnya dari gelandang ke penyerang," tukas Iniesta di situs resmi UEFA.

"Mereka adalah tim yang berbahaya. Kuncinya adalah bagaimana kami bisa bermain efektif dan penguasaan bola yang kami miliki," sambungnya.

"Kami harus agresif dan terus memegang possesion, mencari dan menyelesaikan peluang. Di fase gugur seperti ini Anda harus lebih 'membunuh' dan seperti itulah laga akan berjalan," pungkas Iniesta.

No comments:

Post a Comment