Monday, June 25, 2012

Strategi Bertahan Inggris Justru Bikin Rooney Tak Berkutik



Wayne Rooney tak banyak memberi kontribusi saat Inggris kalah dari Italia. Minimnya peran striker Manchester United itu disebabkan oleh kesalahan Inggris sendiri, yang memilih bermain bertahan.

Meski memasang dua striker yakni Rooney dan Danny Welbeck, Inggris cenderung memainkan pola bertahan saat berhadapan dengan Italia. Di atas lapangan The Three Lionsmenarik banyak pemainnya jauh ke belakang, sebagaimana dilakukan Roy Hodgson kala menghadapi Prancis.

Strategi itu terbukti jitu hingga laga yang berlangsung di Kiev National Stadium, Senin (25/6/2012) dinihari WIB itu harus diselesaikan dengan babak adu tendangan 12 pas. Malang bagi tim asuhan Roy Hodgson itu, babak tos-tosan tak berjalan sesuai rencana.

Inggris kalah di babak ini setelah dua penendangnya, Ashley Young dan Ashley Cole, gagal mencetak gol. Sementara di pihak Gli Azzurri, cuma Riccardo Montolivo yang gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Inggris tersingkir dengan skor akhir 2-4.

Atas strategi defensif yang diterapkan Inggris, bek Italia, Leonardo Bonucci menyatakan bahwa hal itu memberikan satu keuntungan tersendiri bagi timnya. Sebabnya dengan cara bermain seperti itu, ketajaman yang dimiliki Rooney tak dapat tereksploitasi dengan baik.

"Rooney tak berkutik saat menghadapi kami, disebabkan oleh taktik Inggris, karena dia harus banyak berlari ke belakang dan itu membuat dia lelah," jelas Bonucci di Football Italia.

Faktanya bukan Rooney saja yang jadi tidak efektif akibat strategi defensif Inggris tersebut. Dengan Welbeck juga harus naik turun membantu pertahanan, striker belia itu juga tak bisa berkontribusi besar pada timnya.

"Jerman tampil luar biasa di putaran final Piala Eropa dan babak kualifikasi, namun kami harus fokus untuk mengisi ulang baterai kami dan bersiap untuk semifinal. Sekarang kami di sini, kami ingin mengambil kesempatan kami," jelas asal bek Juventus itu terkait pertemuan dengan Jerman di babak semifinal.

"Semua pemain yang kami hadapi adalah pemain top di level ini, jadi kami menghadapi Mario Gomez dengan pendekatan yang sama seperti yang kami lakukan kepada Rooney, (Danny) Welbeck, atau (Andrew) Carrol," tegasnya.

No comments:

Post a Comment