Saturday, June 23, 2012

Punya Banyak Pilihan Pemain, Del Bosque Tak Pusing



Donetsk - Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, sedang dihadapkan pada banyak pilihan pemain untuk diturunkan melawan Prancis nanti. Meski bikin pusing, Del Bosque mengaku senang dan tak masalah dengan hal itu.

Meski masih menggunakan sepakbola khas tiki-taka dan pemain yang sama di tiga laga fase grup, namun Del Bosque sejatinya tak punya pilihan tetap di lini depan.

Di pertandingan pertama, Del Bosque membuat kejutan dengan menurunkan formasi tanpa striker lalu memasukkan Fernando Torres di 15 menit terakhir. Kemudian di laga kontra Republik Irlandia, Del Bosque menurunkan Torres sejak menit awal dan hasilnya menang 4-0.

Lalu di laga kontra Kroasia, Torres kembali dipasang sebagai starter dan nyaris frustrasi sepanjang laga, Spanyol akhirnya menang 1-0 lewat gol Jesus Navas. Gol tersebut justru hadir setelah Cesc Fabregas masuk menggantikan Torres dan bermain tanpa striker (kembali).

Melawan Prancis di laga perempatfinal, Minggu (24/6/2012) dinihari WIB, Del Bosque pun kembali akan dihadapkan pada problema serupa. Menurunkan Torres (atau striker lain) sejak menit awal atau kembali bermain dengan formasi "4-6-0"?

Sejauh ini baru Torres, Alvaro Negredo dan Pedro Rodriguez dari empat stok striker Spanyol yang dimainkan oleh Del Bosque. Pelatih 63 tahun itu masih menyimpan Fernando Llorente di bangku cadangan.

Menyoal itu, Del Bosque enggan banyak berkomentar. Del Bosque menilai dengan skuad yang dimilikinya saat ini, ia punya kemudahan untuk meracik permainan plus kesulitan tentunya memilih siapa-siapa yang bakal mengisi starting eleven.

"Saya belum memutuskan tim saya saat ini. Kami punya banyak pemain hebat yang bisa bermain di lini depan. Saya punya 23 pemain hebat yang sangat penting untuk klub mereka dan aku tidak bisa menggunakan mereka semua," tukas Del Bosque di ESPN Star.

"Tidak bagus rasanya jika tidak tidak ada keraguan dalam memilih pemain. Kami punya performa dan tim yang stabil serta alternatif untuk beberapa posisi," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment